Tiada Baja Yang Tak Bisa di Ubah Menjadi Sebilah Pedang

Assalamu'alaikum wr. wb

Sahabat-sahabatku,,,persoalaan bagi setiap mahluk hidup adalah kehidupan tapi tahukah antum-antum semua,, apa itu hidup dan apa tujuan hidup?sahabat-sahabatku bila kita bertanya apa arti hidup maka jawabanya adalah hidup itu sendiri dan bila pertanyaanya adalah apa tujuan hidup maka jawabnya adalah ibadah,, mengapa demikian?sebab hidup itu adalah suatu keadaan dimana ada yang hidup dan pemberi hidup, lalu siapa yang hidup itu dan siapa pula pemberi hidup itu ?yang hidup itu diantaranya Manusia, Hewan, Tumbuhan, Virus, Kuman, gunung dan segala yang ada di semesta ini merupakan mahluk yang hidup.

Bertambah lagi pertanyaan yang ada di hati kita di semesta ini ada udara, daratan dan perairan. Bila gunung, sungai, manusia itu adalah suatu ciptaan lalu siapa pencipta-Nya?pencipta alam sesmesta beserta isinya adalah Allah SWT, yang ia adalah zat yang maha kuasa, maha pemberi, maha membolak-balikan hati, maha pengasih, maha penyayang dan maha pencipta. Hal ini tersirat pada Al-Qur'an :

"Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan[765], Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan".(Qs. Ar rad, 3)

"Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur".(Qs.An nahl, 14)

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk",(Qs.An nahl, 15)

"dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk".(Qs.An nahl, 16)

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan".(Qs.Al-Baqarah,164)

"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy[548]. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam".(Qs.Al A'raaf,54)

Berkembang lagi pertanyaan pada diri kita,,apa maksudnya tujuan hidup kita untuk Ibadah? bukankah kita hidup untuk cari makan, mencari cinta sejati (seperti di Televisi-televisi)?tujuan hidup kita untuk ibadah sebab:

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh[294], dan teman sejawat, ibnu sabil[295] dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri",(Qs.An Nisaa,36)

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku".(Qs.Adz Dzaariyaat,56)

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan".(Qs.Al-Baqarah,110)

sahabat-sahabat ku ayat di atas sudah lebih dari cukup menunjukan bahwa kita hidup di dunia ini semata-mata untuk ibadah. mungkin sahabat-sahabt semua masih bertanya akan maksud tujuan kita di dunia adalah untuk ibadah,,sahabat ku segala sesuatu yang hendak atau kita lakukan hanya karena Allah Lilahita'ala dan karena mengharap ke-ridhoan-Nya semata itu merupakan suatu ibadah, sebagai contoh:kita mencari nafkah untuk anak-isteri kita di jalan Allah dan kita meniatkannya karena Allah itu merupakan suatu ibadah, kemudian kita berjalan kemasjid untuk memenuhi seruan/pangilan Allah itu pun merupakaan suatu ibadah.

lambat laun muncul kembali sebuah pertanyaan mengapa segala sesuatu harus kita niatkan "hanya karena Allah Ta'ala"?jawaban itu dapat kita temukan di salah satu hadis Nabi yang berbunyi:

"Bahwa segala sesuatu perbuatan harus dilandaskan dengan niat dan perbuatan itu sesuai dengan apa yang diniatkan". (HR.Bukhari Muslim) "Perbuatan seorang muslim yang dilandasi dengan niat lebih baik daripada perbuatan yang tanpa niat".

dan dapat kita kutip dari Al-Qur'an:

"dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya",(Qs.An najm, 39)

"dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya)".(Qs.An najm,40)


Sahabat ku, memang hidup ini tak semudah membalikan kedua belah telapak tanggan, tapi sungguh salah bila dalam hidup ini, kita membalik kedua telapak tanggan ini karena tanggan ini hanya layak untuk mengeadah kepada Allah aza wazala, memohon pertolongan dan memohon ke-ridhoan-Nya memohon kesabaran agar kita dapa mengarungi Dunia ini dengan langkah tersenyum, sahabatku "Tiada Baja Yang Tak Bisa di Ubah Menjadi Pedang",sesukar apapun baja untuk di tempa niscaya ia(besi baja) pastilah bisa di ubah menjadi sebilah pedang nan tajam,,marilah sahabatku bila sebuah besi baja saja jika di tempa dengan sabar dan sekuat tenaga saja lambat laun dapat menjadi sebilah pedang tajam mengapa diri kita, jiwa kita dan kehidupan kita tidak bisa?pastilah kita bisa sesuai yang tersirat pada Al-Qur'an surat An najm 39 (dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya),,apa yang pernah kita niatkan dapat apa yang kita usahakan maka itu lah yang akan kita peroleh menjadi bagian dari hidup kita dan menjadi tujuan hidup kita.

Hidup yang baik adalah...
Ketika kita mensyukuri apa yang kita peroleh...
Ketika kita bisa berbagi dikala kesempitan...
Ketika kita bisa tersenyum disaat cobaan datang...
Ketika kita bisa memaafkan walau sangat menyakitkan...
Ketika kita bisa tetap peduli sedangkan yang lainnya lengah...
Hidup yang indah itu...
Bukan di saat impian terwujud...
Tapi keindahannya terletak pada ketulusan dan kesungguhan hati dalam menjalaninya...
Karena itu kita tidak hanya melihat akhir dari suatu impian...
Tapi renungkanlah proses pencapaian...
Karena disanalah terletak keindahan hidup...
InsyaAllah kita bisa...



Sahabat ku "Mengapa Kita Menjadi Anak Panah, Bila Kita Dapat Menjadi Busur Panah, tapi Mengapa Kita Menjadi Pemanah Bila Kita saja Biasa Menjadi Si-Pemanah itu" bisa kita artikan:

"Mengapa kita menjadi pelaku ataupun korban dari sejarah sedangkan kita bisa membuat sejarah di dunia ini, menulis nama kita dengan tinta emas di tiap inchi jalan kehidupan dan mengharumkanya di tiap sujud Sholat kita.

Sahabat-sahabatku, saya bukan lah seorang penulis yang handal maupun seorang penulis hebat, tetapi saya berharap walaupun hanya ini yang dapat saya samapaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita agar kita tetap yakin dan memegang teguh Agama Allah (Al-IslaM).Afwan bila ada kesalahan dalam penulisan redaksi dan saya berharap komentar dari sahabat-sahabat semua untuk memeperbaiki kesalahan saya.

Wassalamu'alaikum wr. wb

"maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat".(Qs. An nashr.110)


0 komentar:

Posting Komentar